Kamis, 13 Oktober 2011

Layanan Konsultasi Psikologi di Puskesmas Kota Yogyakarta

 
Dinamika masyarakat beserta segala aktivitasnya yang kian meningkat, terutama di bidang ekonomi, budaya, kecemasan, dan konflik internal telah berpengaruh terhadap permasalahan hidup yang kian kompleks. Tak terkecuali terhadap kesehatan manusia, baik kesehatan fisik maupun jiwa sehingga perlu disikapi pihak berkepentingan.
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, sejak akhir tahun 2010 telah meluncurkan kebijakan baru berupa Layanan Konsultasi Psikologi di sejumlah Puskesmas yang tersebar di berbagai wilayah kecamatan dalam lingkup Kota Yogyakarta.
Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta, Tri Mardoyo dalam keterangannya mengatakan, sebanyak 18 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kota Yogyakarta telah menyediakan layanan kesehatan jiwa yang ditangani 9 psikolog sebagai konsultan. Psikolog ini berasal dari Center For Public Mental Health, merupakan sebuah kerjasama antara Pemkot Yogyakarta dengan Pasca Sarjana Fakultas Psikologi UGM.
Para psikolog yang terdiri 9 orang ini menjalani tugasnya sebagai konsultan sesuai jadwal secara bergiliran untuk melayani masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Seorang psikolog bertugas di dua Puskesmas. Satu Puskesmas yang ramai dikunjungi dan satu lagi yang tidak banyak kunjungan dengan alasan supaya merata dan tidak banyak mengalami kerepotan.
·
Jadwal Layanan Psikologi Puskesmas Kota Yogyakarta
No
Puskesmas
Hari Pelayanan
01
Kraton
Senin, Rabu, Jumat
02
Mergangsan
Selasa, Kamis, Sabtu
03
Kotagede I
Senin, Rabu, Jumat
04
Kotagede II
Selasa, Kamis, Sabtu
05
Pakualaman
Selasa, Kamis, Sabtu
06
Danurejan I
Senin, Rabu, Jumat
07
Danurejan II
Selasa, Kamis, Sabtu
08
Umbulharjo I
Senin, Rabu, Jumat
09
Umbulharjo II
Selasa, Kamis, Sabtu
10
Gondokusuman I
Senin, Rabu, Jumat
11
Gondokusuman II
Selasa, Kamis, Sabtu
12
Tegalrejo
Senin, Rabu, Jumat
13
Jetis
Selasa, Kamis, Sabtu
14
Gedongtengen
Senin, Rabu, Jumat
15
Ngampilan
Selasa, Kamis, Sabtu
16
Wirobrajan
Senin, Rabu, Jumat
17
Mantrijeron
Selasa, Kamis, Sabtu
18
Gondomanan
Senin, Rabu, Jumat
Sumber: Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.
Dalam perjalanannya hingga Mei 2011, ternyata respons masyarakat Yogyakarta yang memanfaatkan layanan psikologi tersebut memang cukup banyak. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, dr Choirul Anwar, mengatakan: “kalau memang respons masyarakat positif terhadap layanan psikologi ini, bisa saja diajukan anggaran untuk menambahnya. Namun semuanya sangat bergantung hasil evaluasi nanti,” imbuhnya.
Sementara itu, psikolog Lucia Peppy Novianti yang bertugas di Puskesmas Gondokusuman I dan II Kota Yogyakarta, menuturkan bahwa dalam sehari dirinya bisa menangani 5 hingga 6 pasien yang datang dengan berbagai macam keluhan. Dari berbagai layanan yang dilakukan, kebanyakan pasien yang datang untuk berkonsultasi mengenai keluhan kekerasan rumah tangga dan masalah mendidik anak.
Puskesmas Gondokusuman I, termasuk salah satu Puskesmas yang memiliki ruang bagi layanan konsultasi psikologi. Puskesmas ini terbilang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang cukup lengkap, tersedia dua ruang yang bisa dipakai untuk layanan khusus konsultasi psikologi bagi pengunjung.
Terkait layanan psikologi ini, Psikiater/Pasikolog Dr Irmansyah menambahkan, bahwa layanan konsultasi ini sangat diperlukan masyarakat, tidak hanya masyarakat yang mengalami sakit. Orang sehat pun juga dapat mengakses kesehatan psikis untuk pengembangan diri atau kehidupan yang lebih baik. Diharapkan ke depan, masyarakat tidak ragu untuk mengakses maupun memaksimalkan layanan tersebut.
Beberapa layanan yang ditangai para konsultan psikologi dari UGM di berbagai Puskesmas dalam wilayah Kota Yogyakarta itu antara lain menyangkut konsultasi untuk pelajar, calon pengantin, orangtua dan anak, konflik keluarga hingga gangguan kejiwaan.
Mengenai biaya konsultasi, Dinkes memasang tarif terjangkau masyarakat luas. Bagi masyarakat Kota Yogyakarta untuk menggunakan layanan konsultasi psikologi tersebut membayar Rp 7.000,- (warga Kota Yogyakarta dapat potongan 25 persen). Sedangkan bagi lansia (usia 60 tahun ke atas) cukup membayar Rp 3.500.- baik lansia yang berasal dari Kota Yogyakarta maupun dari luar. Sementara layanan lain berupa layanan perawatan di rumah (home care services) tarifnya Rp 25.000.- dengan keringanan 25 persen untuk penduduk Kota Yogyakarta dan keringanan 50 persen bagi para lanjut usia.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar