Kamis, 13 Oktober 2011

berita terkini

Airtawar, Padek—Warga Padang tetap mengeluhkan berbagai pelayanan publik di Padang. Mereka selalu mengalami kesulitan ketika harus berhadapan dengan para petugas yang berada di tempat-tempat layanan masyarakat seperti rumah sakit, puskesmas, kantor lurah dan kantor polisi. Prosedur yang berbelit-belit serta petugas yang tidak ramah membuat masyarakat enggan untuk datang ke ruang-ruang publik tersebut.

Di puskesmas misalnya, petugas mestinya berkewajiban untuk memberikan pengobatan serta pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat. Sayang, itu jarang terjadi. Selalu saja ada keluhan dari masyarakat tentang pelayanan di puskesmas. Mereka yang yang sering mengeluh itu biasanya berasal dari golongan ekonomi lemah atau kaum miskin.

Ibu Nani (bukan nama sebenarnya), mengaku kecewa dengan pelayanan puskesmas. Padahal dia warga Airtawar Barat. Ketika mengalami demam tinggi, dia mendatangi puskesmas setempat, tapi petugas malah melayaninya dengan sikap ketus.

“Petugas tidak langsung menangani saya. Mereka lebih mengutamakan pasien yang memegang kartu Askes. Karena kesal, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Rumah Sakit Umum. Tapi hal yang sama juga saya alami di sana. Mungkin karena saya ini orang miskin, jadi mereka mengabaikan saya,” ungkap perempuan berusia 50 tahun ini.

Tidak jauh berbeda dengan Ibu Nani, seorang laki-laki yang juga tidak mau menyebutkan namanya mengatakan anaknya tidak mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya dari puskesmas, mungkin karena dia hanya berprofesi sebagai nelayan.
Dia mengaku sering kali terjadi petugas puskesmas yang bersikap tidak ramah ketika datang untuk berobat. Obat-obatan yang diberikanpun kualitasnya tidak bagus. (mg12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar